INOVASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH PROVINSI BANTEN SELAMA COVID-19

Authors

  • Haryo Setyoko Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Tjahyo Rawinarno Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Najwa Shafira Universitas Padjadjaran

Keywords:

Pelayanan Publik, Inovasi Pemerintah Provinsi Banten, Pandemi Covid-19.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah berawal dari banyaknya penghargaan yang diraih  Pemerintah Provinsi Banten mengenai pelayanan publik walaupun ditengah pandemi.  Keterbatasan pelayanan yang diberikan bukan menjadi penghalang untuk senantiasa  memberi manfaat bagi rakyat. Selain itu, terjadinya kenaikan angka investasi juga patut menjadi pembelajaran bagi pemerintah daerah lainnya. Konsep yang peneliti gunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini yaitu Iron Triangle dari Farazmand (2004), yang menjelaskan terkait 3 aktor dalam tata kelola pemerintahan, yang dapat menjadi pertimbangan dalam menyediakan inovasi pelayanan sesuai kebutuhan masyarakat. Sedangkan untuk metode penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan data yang dilakukan yakni melalui studi kepustakaan literatur, seperti sumber website lembaga resmi pemerintah maupun sumber lainnya yang relevan. Hasilnya diketahui bahwa Pemerintah Provinsi Banten sudah melibatkan ketiga aktor utama tersebut dalam menyediakan pelayanan sejak sebelum adanya pandemi. Oleh
karena itu, perlu adanya penelitian lebih lanjut apakah perlu melibatkan aktor tambahan (internasional), sehingga pelayanan dapat berkelanjutan

References

Bonti, dkk. 2017. Analisis Ekologi Administrasi Publik. Bandung: Unpad Press.

Dwiyanto, d. 2003. Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: PSKK UGM.

Farazmand, A. ed. 2004. Sound Governance: Policy and Administrative Innovations. Connecticut: Praeger.

Henry, Nicholas. 2011. Administrasi Negara dan Masalah-masalah Publik. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sinambela, L. P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

S, Y., & Ikhsan. 2006. Standar Pelayanan Publik di Daerah. Jakarta: LAN.

Sugandi, Yogi Suprayogi. 2011. ADMINISTRASI PUBLIK Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trilestari, E. W. 2004. Model Kinerja Pelayanan Publik dengan Pendekatan System Thinking and System Dynamics. Depok: FISIP UI.

Dokumen

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan

Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 34 Tahun 2020

tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 19 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Aparatur Sipil Negara dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19

di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Peraturan Gubernur Banten Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pedoman Pengelolaan Satu Data Indonesia Di Provinsi Banten.

Hidayah, Ismatul. (2020). Akselerasi Diseminasi Inovasi Teknologi Balitbangtan dan Peningkatan Layanan Publik Melalui Silincah (Sistem Inovasi Layanan Online Cepat dan Hemat). Bogor: Kementerian Pertanian Republik

Indonesia.

Saefullah, Djadja. (2002). Reformasi Paradigma Administrasi. Bandung: Universitas Padjadjaran.

Jurnal

Homaidi, Ahmad. (2019). Improving the Quality of Public Complaints Services in Realizing Good Governance in Bondowoso District Inspectorate. Journal of Public Administration and Governance, Hal: 206

Kurdi, M. (2020). Menggagas Pelayanan Prima di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Hal: 6.

Kamuli, Sukarman. (2011). Critical Review Reformasi Paradigma Administrasi (Tulisan Prof. H.A. Djadja Saefullah,. Ph.D). Jurnal INOVASI, vol. 8, Hal:

Mahmud, T.A., (2020).Implementation E Government Policy in Banten Province. Advances in Social Science,

Education and Humanities Research, vol. 410, Hal: 57.

Sitorus, Monang. (2006). Kinerja dan Revitalisasi Birokrasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 5, No. 1, Hal:

Sumber Lain

https://dmsppid.bantenprov.go.id/upload/dms/27/sambat.pdf (diakses 15 Febuari 2021)www.bantenprov.go.id

(diakses 15 Febuari 2021)

https://bapenda.bantenprov.go.id (diakses 15 Febuari 2021)

www.ombudsman.go.id (diakses 16 Febuari 2021)

http://dmsjawaraegov.live (diakses 16 Febuari 2021)

https://dpmptsp.bantenprov.go.id (diakses 17 Febuari 2021)

https://www.radarbanten.co.id (diakses 17 Febuari 2021)

https://pilarbanten.com (diakses 18 Febuari 2021)

https://dinkes.bantenprov.go.id (diakses 18 Febuari 2021)

https://satudata.bantenprov.go.id (diakses 18 Febuari 2021)

http://banten.bkkbn.go.id (diakses 19 Febuari 2021)

https://banten.kemenkumham.go.id (diakses 19 Febuari 2021)

https://dpk.bantenprov.go.id (diakses 19 Febuari 2021

Additional Files

Published

30-06-2021

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)