DAMPAK COVID-19 TERHADAP PELAYANAN PUBLIK

(Studi Kasus pada Pelayanan Keluarga Berencana di DKI Jakarta)

Authors

  • Tjahyo Rawinarno Tjahyo Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Suhud Alynudin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Najwa Shafira Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Keywords:

Pelayanan Publik, Program Keluarga Berencana, Pandemi Covid-19.

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah berawal dari menyebarnya pandemi Covid-19 ke  Indonesia, khususnya DKI Jakarta. Hal ini menyebabkan pengalihan pelayanan kesehatan.  Selain itu, terjadinya kenaikan angka kehamilan pada usia subur. Teori yang peneliti gunakan sebagai pedoman dalam penelitian ini yaitu teori Green terkait pemilihan kontrasepsi dan kualitas pelayanan dari Dwiyanto (2014), yang menjelaskan terkait kualitas pelayanan yang bagus dapat diperoleh apabila kita berfokus pada salah satu dimensinya, yakni fasilitas. Sedangkan untuk metode penelitian peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif.  Teknik pengambilan data yang dilakukan yakni melalui studi kepustakaan literatur, seperti sumber website lembaga resmi pemerintah maupun sumber lainnya yang relevan. Hasilnya diketahui bahwa berdasarkan faktor pendorong, yaitu riwayat pendidikan berada pada jenjang yang cukup tinggi, serta tersedianya sarana yang sesuai protokol kesehatan, demi menjaga keberlangsungan pelayanan. Oleh karena itu, perlu adanya edukasi disertai regulasi inovasi yang sesuai kebutuhan masyarakat menjadi prioritas utama.

References

Creswell, K. D. (2009). Designing Research. USA: SAGE.

Dwiyanto, A. (2012). Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dwiyanto. (2014). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: IKAPI.

Ismail, A. (2020). Adaptasi Pendampingan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid 19 Studi Strategi Virtual Outreach PKBI Kota Semarang.

Jurnal Abdidas, 163. Ma'arif, S. (2014). Analisis Indek Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan IAIN Walisongo. Walisongo: IAIN

Walisongo.Dwiyanto, d. (2003). Reformasi Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah. Yogyakarta: PSKK UGM.

Ismail, A. (2020). Adaptasi Pendampingan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid 19 Studi Strategi Virtual Outreach PKBI

Kota Semarang. Jurnal Abdidas, 163.

Kasmir. (2015). Dasar-dasar Perbankaned.Revisi-2014. Dalam Kasmir, Dasardasar Perbankan-ed.Revisi-2014 (hal. 398). Jakarta: Raajawali Pers.

Mitha, R. (2016). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi Suntik Pada Akseptor KB di

Desa Humbia Kecamatan Tagulandang Selatan Kabupaten Sitaro. FKM Universitas Sam Ratulangi, 6.

Morgan, & Murgatroyd. (1994). Total Quality Management in The Public Sector: An International Perspective. Philadelphia: Open University Press.

Mu'afiro, A. (2015). Faktor Predisposisi Akseptor KB Non AKDR dalam Memilih Alat Kontrasepsi. Keperawatan Poltekkes Kemnkes Surabaya, 118.

Muslimah, S. (2016). Responsibilitas Pelayanan Publik Pada RSUD Salewangan Kabupaten Maros. Makassar:

Universitas Hasanuddin.

Panjaitan, J. E. (2016). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA JNE CABANG BANDUNG. DeReMa Jurnal Manajemen

Rosalina, S. (2019). Gambaran Faktor Predisposing. Enabling dan Reinforcing KB Vasektomi.

Jurnal Promkes, 121. S, Y., & Ikhsan. (2006). Standar Pelayanan Publik di Daerah. Jakarta: LAN.

Sampara, L. (1999). Manajemen Kualitas Pelayanan. Jakarta: STIA-LAN Press.

Setiasih, S. (2016). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP)

pada Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Kabupaten Kendal Tahun 2013. Jurnal Promosi Kesehatan, 34.

Sinambela, L. P. (2010). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Soeprapto, R. (2005). Pengembangan Model Citizen Charter dalam Meningkatkan Pelayanan Publik di Indonesia. Delegasi, 123-150.

Sumarningsih, S. (2020). Efektivitas Kelas Online Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pengetahuan Program Keluarga

Berencana Pada Kelas Ibu Hamil Desa Dadirejo, Kecamatan Bagelen.

The 2ns Deminar on Population, Family and Human Resources, 106.

Trilestari, E. W. (2004). Model Kinerja Pelayanan Publik dengan Pendekatan System Thinking and System Dynamics . Depok: FISIP UI.

Dokumen

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang-Undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

Peraturan BKKBN Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2020-2024.

Surat Edaran Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 2/SE/2020 tentang Penyesuaian Sistem Kerja Pegawai dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Skripsi

Muslimah, S. (2016). Responsibilitas Pelayanan Publik Pada RSUD Salewangan Kabupaten Maros. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Sumber Lain

jakarta.bps.go.id (diakses 8 Januari 2021) data.jakarta.go.id (diakses 9 Januari 2021) corona.jakarta.go.id (diakses 10 Januari 2021)

www.beritajakarta.id (diakses 10 Januari 2021) kampungkb.bkkbn.go.id (diakses 11 Januari 2021)

jaktimkota.bps.go.id (diakses 12 Januari 2021) utara.jakarta.go.id (diakses 14 Januari 2021) http://eprints.poltekkesjogja.ac.id (diakses 17 Januari 2021)

www.humanitarianresponse.inf o (diakses 17 Januari 2021)

Mekanisme Kerja Penyuluh KB dalam Pembinaan Lini Lapangan (diakses 17 Januari 2021)

Profil Pendidikan di Provinsi DKI Jakarta 2017 (diakses 17 Januari 2021

Additional Files

Published

30-06-2021

Issue

Section

Articles