ANALISIS PENGGUNAAN PLATFORM DIGITAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI
PADA GLOBAL INDONESIA SCHOOL KECAMATAN KRAMATWATU KABUPATEN SERANG BANTEN
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penggunaan Platform Digital Instagram Sebagai Media Promosi pada Global Indonesia School Kecamatan Kramatwatu Kabupaten Serang Banten. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi (1) Akun Instagram Global Indonesia School tidak terpisah tiap satuan Pendidikan TK-SD-SMP-SMA. (2) Global Indonesia School belum memiliki jadwal rutin posting yang teratur. (3) Apakah Instagram terimplikasi baik sebagai media promosi di GIS.Melihat dari permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian menggunakan teori Gunelius Susan. Mengacu pada tujuan penggunaan platform digital (sosial media) yang juga dikaitkan pada fitur-fitur Instagram teori Atmoko Dwi. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah dengan direktur pendidikan Global Indonesia School (GIS), staff bagian dokumentasi dan publikasi GIS, serta salah satu orang tua murid yang menjadi pengikut akun Intagram GIS dalam hal ini merupakan konsumen. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor yang menentukan Global Indonesia School (GIS) memilih Instagram ada lima, yaitu sebagai (a) media relasi, (b) membangun merek, (c) publisitas, (d) promosi, (e) riset pasar. (2) Aktivitas promosi Global Indonesia School (GIS) melalui Instagram menggunakan berbagai fitur yang menarik, yaitu (a) story, (b) ads, (c) Instagram reels, (d) live, (e) feed. (3) Implikasi instagram pada Global Indonesia School (GIS), adalah dapat memberikan peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas.Yang pada akhirnya, penelitian ini menunjukkan bahwa Global Indonesia School (GIS) telah memanfaatkan Instagram sebagai sarana media promosi dengan baik namun tetap perlu melakukan beberapa peningkatan.
Kata kunci: Promosi, Platform Digital, Instagram.