Analisa Instagram Sebagai Sosial Media Pemasaran di Industri Pariwisata

Penulis

  • Adi Hutomo STIA Banten

Kata Kunci:

Media Sosial, Instagram, Pariwisata, Strategi Pemasaran, Survei

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada analisa Instagram sebagai sosial media pemasaran di industri pariwisata. Di era digital saat ini, Instagram memberikan peluang besar bagi penggunanya untuk berinteraksi lebih mudah dengan industri pariwisata, hal ini juga memberikan nilai efektifitas yang lebih akurat. Didukung fitur-fitur yang semakin banyak memudahkan pengguna sehingga aktifitas pemasaran menjadi menarik. Hadirnya Instagram dengan fitur-fitur yang variatif dan dapat diakses dengan mudah diseluruh dunia ini dapat mendorong industri pariwisata berkembang pesat memasarkan produk hingga destinasi-destinasi wisatanya serta memberikan peluang bagi wisatawan untuk berinteraksi lebih baik dengan para pelaku pariwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui alasan industri pariwisata menggunakan Instagram sebagai media pemasaran serta topik yang sering diteliti pada jurnal sebelumnya mengenai pengaruh penerapan Instagram sebagai sosial media pemasaran di industri pariwisata. Metode yang digunakan pada penilitian ini adalah kombinasi antara studi literatur review dari berbagai jurnal. Data yang terkumpul kemudian di analisa untuk mengetahui seberapa berpengaruh Instagram terhadap sosial media pemasaran dan mengetahui dampak positif terhadap promosi diindustri pariwisata. Peneliti menemukan teori yang relevan tentang topik ini kemudian diidentifikasi, dinilai, dan disintesis menurut metode eksplisit yang telah ditentukan sebelumnya. Hasil penelitian ini adalah pariwisata menggunakan sosial media Instagram sebagai pemasarannya, dikarenakan Instagram memiliki banyak fitur yang mendukung seperti, hashtag, insta story, reels video hingga iklan berbayar untuk menjangkau banyak audiens secara luas. Selain itu postingan dalam format gambar dan video juga berdampak besar terhadap keputusan wisatawan untuk membeli suatu produk pariwisata. Apalagi memasarkan produk pariwisata sangat tepat dengan menggunakan platform Instagram sehingga destinasi-destinasi ataupun produk yang mencakup visual dapat menyampaikan keindahannya dan informasinya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01