School-Based Management with or without Instructional Leadership

Experience from Sweden

Penulis

  • Femmy Aryanthi Zein Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi kepala sekolah tentang pentingnya manajemen berbasis sekolah (SBM) dan tugas kepemimpinan instruksional dan penilaiannya terhadap kinerja tugas tersebut dalam bahasa Swedia sekolah menengah atas. Tinjauan literatur tentang MBS dan kepemimpinan pembelajaran menghasilkan daftar dua puluh satu tugas dikelompokkan menjadi kepemimpinan administratif, pemadam kebakaran, dan instruksional. Analisis tanggapan survei dari 234 kepala sekolah menunjukkan bahwa 80% tugas administratif dan 75% tugas pemadam kebakaran dipandang sangat penting dan dilaksanakan dengan baik, sementara 68% tugas kepemimpinan instruksional dianggap lebih rendah pentingnya dan kinerja. Implikasinya bagi kepala sekolah dan pembuat kebijakan dibahas dan tempatnya penelitian masa depan diuraikan.

Kata Kunci: School-Based, Management, Leadership

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-29