Tren Platform Digital Marketing pada pelatihan Pemasaran Digital UMKM di Indonesia pada Artikel Jurnal terindeks Google Sholar

Penulis

  • Allay Maududi SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI BANTEN
  • Andi SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI BANTEN
  • Panji Hendrarso SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI BANTEN

Kata Kunci:

tren, platform, digital marketing, umkm, google scholar

Abstrak

Dampak dari pandemi Covid-19 menginisiasi berbagai pihak untuk berpartisipasi melakukan pelatihan pemasaran produk kepada para pelaku bisnis UMKM. Peralihan cara pemasaran produk dari yang tadinya tradisional secara luring beralih secara daring atau digital  mengalami berbagai kendala dari para pelaku bisnis UMKM. Dalam artikel ini penulis menganalisa platform pemasaran digital apa saja yang digunakan pada pelatihan digital marketing bersumber pada publikasi artikel ilmiah yang terindeks Google Scholar sepanjang tahun 2020 sampai 2023.  Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dari kajian literatur. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa platformpemasaran digital yang banyak digunakan pada pelatihan digital marketing, yaitu media sosial Instagram sebanyak 32 artikel, Facebook 30 artikel, whatsapp 20 artikel, TikTok 5 artikel dan Twitter 3 artikel. Selain itu, ditemukan juga bahwa pelatihan digital marketing ini dilakukan tersebar pada 18 provinsi atau sekitar 47% dari total keseluruhan 38 provinsi yang ada di Indonesia mulai dari bagian barat Indonesia, yaitu provinsi Aceh hingga ke bagian timur Indonesia, yaitu provinsi Papua.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01