A PENGARUH DIGITAL MARKETING, CITRA DESTINASI DAN HARGA TIKET WISATA TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN (Studi Kasus di Tempat Wisata DM Tirta Persada Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang)

Penulis

  • Riza Maulana STIA BANTEN
  • Joko S. Dwi Raharjo Program Pascasarjana, Magister Ilmu Administrasi Bisnis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Agus Lukman Hakim

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Digital Marketing, Citra Destinasi, Harga Tiket Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Destinasi Wisata DM Tirta Persada Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jenis penelitian Kuantitatif asosiatif, yaitu penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun hasil dari pengolahan data menggunakan SPSS versi 27 mendapatkan hasil bahwa variabel digital marketing pada uji t (Parsial), ttabel > thitung (1,972 > 0,602) dengan nilai signifikan sebesar 0,547 yang berarti variabel Digital Marketing tidak signifikan mempengaruhi variabel keputusan berkunjung. Untuk hasil dari uji parsial pada variabel citra destinasi mendapatkan hasil ttabel < thitung (1,972 < 5,236) dengan nilai signifikan sebesar 0,000, sehingga di interpretasikan berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan berkunjung. Kemudian variabel harga tiket mendapatkan hasil ttabel < thitung (1,972 < 13,403) dengan nilai signifikan 0,000, berarti variabel harga tiket mempengaruhi keputusan berkunjung. Selanjutnya hasil variabel dependen (Y) secara simultan Fhitung > Ftabel (253,418 > 3,04) yang menunjukan bahwa X1, X2, dan X3 berpengaruh secara simultan terhadap keputusan berkunjung. Berdasarkan hasil analisis secara parsial, variabel digital marketing memiliki nilai tidak signifikan dalam mempengaruhi variabel keputusan berkunjung. Dan peneliti menyarankan agar destinasi wisata DM Tirta Persada Kecamatan Mandalawangi agar meningkatkan serta mengoptimalkan pemanfaatan digital. karena saat ini masyarakat sudah peka terhadap informasi digital.
Kata Kunci: Digital Marketing, Citra Destinasi, Harga Tiket dan Keputusan Berkunjung

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-02