Pengaruh Protein Dalam Menunjang Kualitas Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Menciptakan SDM Unggul

Penulis

  • Shofira Mufidah STIA BANTEN
  • Achmad Supandi STIA Banten
  • Pandji Hendrarso

Abstrak

Analisis dalam tulisan ini bertujuan untuk memberikan tambahan bukti tentang pengaruh protein dalam mempengaruhi kecukupan gizi di 1000 HPK untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul. Merujuk pada resolusi Sustainable Development Goals (SDGs) pada umumnya menekankan semua negara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya dan spesifiknya tercantum pada poin ke-3 Good Health and Well-being..

Melalui systematic literature review penulis mengamati bahwa banyak variabel yang terlibat untuk meningkatkan kualitas SDM. Pola makan yang sehat berdampak terhadap kesehatan fisik dan kognitif masyarakat sehingga pentingnya kolaborasi dengan pemangku kebijakan untuk mengoptimalkan makanan yang bergizi terutama pada 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

Pada penelitian terdahulu cenderung tidak menitik beratkan pentingnya konsumsi protein pada anak. Pemberian protein merupakan salah satu nutrisi penting yang memiliki peran krusial dalam perkembangan dan pertumbuhan janin selama kehamilan serta dalam pertumbuhan dan perkembangan balita. Dengan adanya asam amino yang diperoleh dari protein akan mengurangi resiko stunting pada anak.

Kata kunci : Protein,Gizi,1000 HPK,Stunting, SDM Unggul

Biografi Penulis

Achmad Supandi, STIA Banten

Dr. Achmad Supandi, S, Kom, MMSI., merupakan Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya, dan juga Koordinator divisi kegiatan pendidikan dan pelatihan (Pelaksanaan Program) BMKG ETC/Ketua Tim BMKG Corporate University/Widyaiswara Madya BMKG Education and Training Center dan sebagai Dosen STIA BANTEN, Indonesia, Dewan Redaksi Jurnal Widya Climago, Reviewer Jurnal Politik dan Demokrasi. (Scopus ID: 57297780200 , Google Scholar:  dan Sinta ID: 6858747).

Pandji Hendrarso

Dr. Ir. Panji Hendrarso, M.M., adalah Ketua Pembina Yayasan Kemandirian Banten dan juga Dosen Tetap jenjang Jabatan Akademik Assistant Professor pada Program Studi Administrasi Bisnis S2 di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten.  (SINTA ID 6820535)

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-29