Implementasi Environmental, Social, dan Governance (ESG) Terhadap Nilai Profitabilitas Perusahaan : Studi Kajian Literatur di Indonesia

Penulis

  • Faza Maulida Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Achmad Supandi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten
  • Yudi Yudistira Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Kata Kunci:

Enviromental Social Governance (ESG); Kinerja Perusahaan; Profitabilitas; ROA; ROE; ROIC.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memberi kontribusi atas penelitian yang sudah dilakukan oleh para peneliti terdahulu terkait implementasi ESG terhadap nilai profitabilitas perusahaan agar memudahkan Stakeholder dalam menimbang dan mengambil keputusan serta menjadi acuan bagi peneliti lain yang tertarik untuk melakukan studi lanjutan yang lebih baik dalam implementasi ESG perusahaan yang ada di Indonesia. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan studi literature review sebanyak 20 (dua puluh) jurnal publikasi pada periode tahun 2020 - 2023. Hasil penelitian dari 5 (lima) jurnal terkait judul penelitian menemukan bahwa lebih banyak hasil yang menunjukkan bahwa tidak adanya pengaruh implementasi ESG yang signifikan atau memiliki pengaruh yang negatif terhadap nilai profitabilitas perusahaan, namun ada juga yang menyatakan sebaliknya, yaitu adanya pengaruh positif yang signifikan yang diproksikan dari ROA, ROE, dan ROIC. Implementasi ESG diharapkan menjadi instrumen bagi investor untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar bertindak secara bertanggung jawab dan sebagai salah satu parameter dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

Biografi Penulis

Faza Maulida, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Mahasiswi Pascasarjana jurusan Magister Administrasi Bisnis STIA Banten, serta bekerja di PT. Karunia Aman Selalu Shipping (Lumoso Group) dan sebagai Bendahara PC Fatayat NU Jakarta Timur.

Achmad Supandi, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Doktor Ilmu Administrasi dari Universitas Brawijaya, dan juga Koordinator Bidang Penyelenggaraan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pelaksanaan Program) BMKG ETC/Ketua Tim BMKG Corporate University/Widyaiswara Madya BMKG Pusat Pendidikan dan Pelatihan dan sebagai Dosen STIA BANTEN, Indonesia, Dewan Redaksi Jurnal Widya Climago, Reviewer Jurnal Politik dan Demokrasi.

Yudi Yudistira, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Banten

Doktor Ilmu Manajemen dan Bisnis dari School of Business IPB University, praktisi dalam industri manufaktur readymix dan precast concrete di PT Waskita Beton Precast Tbk, dewan pengurus pusat Asosiasi Pracetak dan Prategang Indonesia (AP3I) dan Asosiasi Perusahaan Beton Readymix Indonesia (APBRI) serta anggota Ikatan Ahli Pracetak dan Prategang Indonesia (IAPPI). Tim konseptor SNI untuk produk precast concrete di AP3I. Dosen Pasca Sarjana STIA Banten, Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-01