Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa
Kurikulum Merdeka
Abstrak
Kurikulum hadir sebagai pedoman yang digunakan oleh para pendidik dimana kurikulum mengalami beragam perubahan sebagai wujud adaptasi dengan era yang dinamis. Salah satunya dengan menerpakan kurikulum merdeka belajar dimana kurikulum ini cenderung dianggap baru dan masih dalam proses pengimplementasian secara bertahap. Kendati demikian, tidak sedikit sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka belajar yang lebih menekankan pada pembelajaran yang merdeka sesuai dengan kebutuhan dan karateristik peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan ingin mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran siswa. Adapun hasil dari kajian ini menunjukan bahwa Kurikulum Merdeka dapat menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa terutama di Indonesia, Dalam merdeka belajar siswa diharapkan dapat menentukan jenjang pendidikan dalam bidang studi yang ingin ditekuninya dan siswa agar dapat lebih termotivasi dalam belajar karena memiliki pilihan yang lebih luas dan sesuai dengan minat dan bakat mereka. Selain itu dengan kurikulum tersebut, siswa tumbuh dengan kepribadi yang terbiasa mengeksplor dan mengasah soft skill mereka dalam menghadapi globlisasi serta kemajuan teknologi.